Wednesday, October 6, 2010

Peralatan Pendukung Komputer

Ada beberapa peralatan pendukung atau tambahan komputer yang dibutuhkan yaitu :


• Instalasi Listrik yang baik, instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna komputer, gunakan kabel power untuk komputer yang benar-benar bagus kuat terhadap panas. Hindari penggunaan sumber power bersama-sama dengan peralatan elektronik lainnya, hindari penggunaan kabel rol (gulung) karena kabel-kabel tersebut biasanya tidak kuat terhadap panas dan menyebabkan terjadinya konsleting atau kebakaran.

• Stabilizer, alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke powes supply komputer. Kita tidak mengetahui kalau tegangan listrik yang kita gunakan terkadang mengalami penurunan atau penaikan daya secara tiba-tiba, dengan menggunakan stabilizer hal tersebut dapat diantisipasi. Biasanya dalam stabilizer terdapat sikring dan apabila tegangan yang masuk tiba-tiba mengalami kenaikan daya yang berlebihan biasanya sikring stabilizer akan putus sehingga komputer anda tetap terlidungi.

• Uniteruptible Power Supply (UPS) alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila terjadi padam lampu. Untuk Personal Computer (PC) dimana hanya 1 komputer, kita dapat menggunakan UPS portable dimana UPS ini dapat menyimpan power sekitar 3 s.d 5 jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.

• Air Conditioner (AC) , sebenarnya alat ini sebagai pendingin ruangan, tapi alat ini sangat bermanfaat untuk mengurangi panas dalam komputer terutama laboratorium komputer, perlu sekali menggunakan AC . Dengan AC komponen elektronik yang terdapat di dalam komputer akan tetap terjaga dengan aman yaitu tidak mengalami panas yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment